Buku Anak Clara Ng Cerita Berbagi Cinta - Stories From The Heart

Buku Cerita Berbagi Cinta - Stories From the Heart terdiri dari 7 cerita anak yang disajikan dalam dwibahasa (Indonesia dan Inggris) yang ditulis oleh Clara Ng, dialihbahasakan oleh Tanti Lesmana, dan diilustrasikan oleh Verdi:

Clara Ng - Berbagi Cerita Berbagi Cinta - Stories From the Heart
Sampul buku Clara Ng - Berbagi Cerita Berbagi Cinta - Stories From the Heart

Gaya Rambut Pascal - Pascal's Haircut 

Pascal hendak ikut parade hutan. Ia ingin mencoba gaya rambut baru. Namun setelah coba gonta-ganti gaya rambut, Pascal menyadari kalau gaya rambut natural ala singa-nya lah yang paling pas. Para binatang lainnya juga setuju.

Moral of the story (maybe?): Pascal hanya perlu percaya diri.

Benji Sakit Gigi - Benji's Toothache

Benji adalah seekor walrus yang tinggal di kebun binatang. Suatu hari, Petugas Kebun Binatang melihat tingkahnya yang gelisah. Petugas itu pun membawanya ke klinik. Di klinik, gigi Benji diperiksa oleh seorang dokter gigi. Ternyata, ada tulang ikan yang nyangkut. Setelah sembuh, Petugas tadi menepati janjinya untuk memberi Benji ikan yang banyak.

Moral of the story (maybe?): Tak perlu takut ke dokter gigi karena dokter gigi membantu kamu merawat gigi; Menghadiahi diri sebagai bentuk apresiasi setelah melewati ketakutan.

Pergi Ke Pantai - Going To The Beach

Keluarga Kuda Nil sedang riweuh saat hendak ke pantai, terutama Mama Kuda Nil. Ada aja yang lupa lah, ada anak yang berantem lah. Mama Kuda Nil kemudian memberikan ultimatum agak anak-anak tertib. Akhirnya mereka pun bisa ke pantai.

Moral of the story (maybe?): Ketangkasan dan ketegasan Mama Kuda Nil patut diteladani.

Suara Apa Itu? - What's That Noise?

Suatu malam ketika hendak tidur, Nana si anak naga ketakutan mendengar suara-suara. Ia membuat Papa Naga bolak-balik ke kamarnya. Papa Naga menyadarkan Nana kalau suara-suara yang ia dengar adalah suara burung hanti, serigala, tikus, dll. Akhirnya Nana jadi berani untuk tidur sendiri deh.

Moral of the story (maybe?): Sebelum terlalu mudah paranoid dengan suara-suara tertentu, cermati dulu itu suara apa.

Dari negeri Seberang - From Faraway Land?

Ulil si anak unta disuruh ortunya untuk bersekolah ke kutub. Di kutub, Ulil pun beradaptasi dan mendapatkan teman-teman baru, bertukar cerita tentang daerah gurun dsb.

Moral of the story (maybe?): Petualangan memberikan pengalaman yang dapat menarik pertemanan.

Lupi Si Pelupa - The Forgetful Lupi

Lupi si anak nelayan sering kali lupa akan sesuatu, bahkan sampai lupa memakai baju. Teman-temannya memanggilnya Lupi Si Pelupa. Kasihan Lupi. (Udah, akhir ceritanya adalah ketika Lupi dan sedang berada di tengah laut, tanpa jala ikan, karena lupa dibawa oleh Lupi, ckckck.)

Moral of the story (maybe?): Hmm, Sepertinya Lupi butuh pendamping... ibunya atau temannya, misalnya.

Hujan, Hujan, Hujan - Rain, Rain, Rain

Sebelum pergi ke opera, Mama Bebek dan Papa Bebek berpesan kepada anak-anak bebek untuk memakai jas hujan dan boots jika bermain hujan di luar. Saat ortu mereka pergi, Daniel, Debby, dan Dini pun bermain hujan. Suatu ketika, Dini terdistraksi oleh sang katak, dan mengikuti katak itu. Terlalu gembira, hingga tak sadar kalau pakaiannya lepas, dan terpisah jauh dari kakak-kakaknya. Dini yang tersesat itu menangis. Akhirnya ia ditemukan oleh orang tuanya. Peristiwa itu membuat Dini terkena demam.

Moral of the story (maybe?): Terlalu gembira bikin lupa diri, dan bahkan lupa keselamatan diri sendiri. Hmm, + dalam persaudaraan / kekeluargaan / tim, sebaiknya saling awas jika ada yang terpisah. Terus, main hujan-hujanan bikin kita jadi demam, kalau imun sedang lemah, atau kalau gak membilas tubuh, apalagi hujan zaman sekarang yang tercampur polusi, menjadi hujan asam yang dapat membawa penyakit... wow, jadi serius nih.

*

Membaca buku anak yang tipis dan penuh ilustrasi memang menjadi jalan ninja untuk bisa cepat menyelesaikan target membaca sekian jumlah buku.

Walau dalam prosesnya, saya kerap mempertanyakan buat apa saya ngeset target dan membebani diri sendiri dengan kuantitas buku yang saya baca.

Meski, saya tetap percaya bahwa selalu ada hal-hal yang bisa dipetik dari apapun yang telah dilakukan, termasuk dari membaca buku anak-anak.

AnonAwam, 2023.

No comments:

Post a Comment